6 Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

13 Mar

Hello beautiful mommy!

Tahukah mommy kalau berenang ketika hamil memiliki berbagai manfaat bagi mommy dan baby. Berenang adalah salah satu tipe olahraga aerobik yang manfaat utamanya adalah menguatkan otot jantung dan memperlancar peredaran darah. Dengan semakin membesarnya bayi yang ada dalam kandungan terkadang membuat mommy pasti lebih sulit bergerak, merasa tidak nyaman dan berat. Nah dengan memilih olahraga berenang para mommy tidak perlu khawatir karena berenang adalah olahraga paling aman. Berikut saya jabarkan manfaat apa saja yang mommy dapatkan ketika mencoba olahraga ini:

  1. Berenang melatih otot besar dari tubuh kita yaitu otot tubuh bagian atas (lengan) dan otot tubuh bagian bawah (kaki).
  2. Memperlancar sirkulasi darah dalam otot jantung, paru-paru dan melatih pernapasan yang tentu nantinya akan bermafaat ketika melahirkan.
  3. Jika dilakukan dengan rutin olahraga ini juga akan membantu menjaga berat badan dan membantu membakar kalori.
  4. Mengurangi sakit atau kaku pada tulang punggung belakang, membantu memperbaiki portur tubuh ketika perut mulai membesar.
  5. Berenang adalah olahraga low impact dimana sangat aman sekali bagi ibu hamil.
  6. Berenang adalah olahraga yang menyegarkan tubuh dan pikiran. Dengan berenang dalam air tentu saja mommy akan merasa lebih segar dari sengatan matahari dan juga menyegarkan pikiran kita dari kondisi stres yang tak jarang sering terjadi bagi ibu yang baru pertama kali hamil ataupun yang sudah memiliki beberapa anak.

Tips Aman Berenang Ketika Hamil:

  1. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda untuk mengetahui kondisi kandungan Anda.
  2. Hati-hati ketika berada di area tempat berenang yang licin yang menyebabkan kaki mudah terpeleset.
  3. Perhatikan kandungan klorin yang ada dalam kolam umum, jika di rasa terlalu kuat pilihan lain bisa mencoba berenang di pantai dengan ombak yang kecil.
  4. Lakukan olahraga ini 2-3 kali seminggu dengan intensitas waktu 20-30 menit. Bagi pemula, pilih kolam yang tidak terlalu dalam dan coba lakukan di awal dengan intensitas waktu 10-15 menit.
  5. Pakai baju renang yang nyaman sesuai dengan bentuk tubuh Anda saat kehamilan.
  6. Selalu sedia air minum dan taruh di dekat kolam, pastikan diri Anda jangan sampai mengalami dehidrasi.
  7. Jangan paksakan diri Anda ketika merasa lelah, pusing atau mual. Dengarkan dengan baik kondisi tubuh diri Anda sendiri.
  8. Ajak teman atau keluarga untuk menemani Anda berenang karen tentu saja akan lebih aman jika ada orang lain yang bisa menjaga Anda.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari olahraga berenang semoga super mommy tidak ragu lagi apakah olahraga ini berbahaya atau bermanfaat bagi para wanita hamil. Selamat mencoba dan bersenang-senang!

Dian xoxo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *