29 Minggu Kehamilan: 4D Ultrasonography dan Tes Fetomaternal

29 Apr

Hi Mommies,

Tidak terasa usia kandungan saya sudah memasuki minggu ke 29, so excited tapi juga nervous. Memasuki bulan ke-7 ini saya ingin melakukan 4D ultrasonography atau gampangnya foto USG 4 dimensi. Waktu terbaik untuk melakukan pengecekan foto 4D adalah di minggu 26-30 kehamilan, karena ketika usia bayi kurang dari 26 minggu wajahnya belum terlihat dengan jelas sedangkan jika dilakukan lebih dari 30 minggu posisi kepala bayi akan berada di panggul.

Sebenarnya ada 3 jenis metode USG yaitu 2D, 3D dan 4D. Apa bedanya? 3D dan 4D memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan USG 2D. Dengan teknologi yang makin canggih, keduanya dapat menunjang pemeriksaan bayi dalam kandungan yang lebih mendalam. Dengan melakukan 3D dan 4D, mommies bisa lebih jelas melihat bentuk mata, hidung, telinga dan mulut bayi yang kualitas gambarnya tidak sama dengan USG 2D yang gambarnya hanya hitam dan putih.

Apakah pemeriksaan USG 3D dan 4D aman dilakukan?

Banyak ahli dan juga peneliti dari American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengatakan bahwa tes USG 3D dan 4D aman dilakukan, tetapi tidak dianjurkan untuk sering dilakukan. Selain itu, teknologi ini juga cukup menguras kocek yang lumayan mahal.

Alasan utama saya melakukan USG 4D ini selain untuk mengabdikan kenang-kenangan foto untuk ditunjukkan kepada anak saya nanti ketika dia sudah dewasa, juga karena saya ingin melakukan tes fetomaternal. Tes fetomaternal ini dilakukan oleh dokter ahli di bidangnya yaitu sub-spesialisasi fetomaternal, yang merupakan cabang kedokteran dan kebidanan (obstetri dan ginekologi). Saya mendapatkan info dari seorang klien saya tentang dokter ahli fetomaternal di Denpasar, Bali bernama dr. Wayan Artana Putra, SpOG (K). Beliau praktek di Apotik Mulia Farma setiap hari Senin-Jumat jam 6 sore sampai 9 malam.

Berdasarkan hasil USG 4D dan juga tes fetomaternal yang beliau lakukan pada kami, kondisi kesehatan bayi saya dikatakan sehat. Hal ini tentunya membuat saya dan suami saya sangat lega dan senang. Senyum bahagia pun tidak lepas dari wajah kami, ketika kami bisa melihat dengan jelas struktur tubuh, wajah, mata dan mulut bayi perempuan kami. Dokter dan kami pun menebak-nebak akan mirip siapa dia nantinya 😀

USG 3D , 4 D dan Tes Fetomaternal Penting Dilakukan

Kenapa saya mengatakan bahwa tes fetomaternal penting dilakukan oleh ibu hamil? Dari obrolan saya dengan dr. Wayan, pemeriksaan fetomaternal ini dimaksudkan untuk mendeteksi kelainan yang mungkin terjadi pada ibu dan bayi sejak dini. Karena jika diketahui dari awal dokter akan memberi saran pengobatan dan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Contohnya ketika dokter saya mengatakan tes ini bisa mendeteksi jika misal ada kelainan seperti bayi tanpa tulang tengkorak, hidrosefalus dan down syndrome. Dokter akan lebih tahu jika misal ibu ingin tetap mempertahankan bayi untuk dilahirkan, maka dokter akan menyiapkan penanganan dan persalinan khusus yang tentunya nanti akan ada proses yang lebih lama.

Adakah bumil yang sudah melakukan foto 4D? Yuk berbagi foto dikomen bawah atau kirim melalui email saya langsung. Bagi yang belum, pasti gak sabar kan ingin melihat wajah bayi kita di dalam? Sabar sampai memasuki usia 26 minggu ya mommies 😉👶

Fit With Dian

 

13 thoughts on “29 Minggu Kehamilan: 4D Ultrasonography dan Tes Fetomaternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *