Tentang Diastasis Rekti

03 Sep

Apa itu Diastasis Rekti?

Diastasis rekti terjadi ketika sisi kiri dan kanan rektus abdominus mulai terpisah, menyebabkan apa yang sering disebut sebagai “abs terpisah”. Ini diciptakan karena peregangan linea alba, yang merupakan jaringan panjang jaringan yang menghubungkan sisi kiri dan kanan otot perut.

Pada dasarnya, abs Anda terpisah dan tidak dapat berkontraksi dengan benar karena peregangan ini.

Siapa saja  yang Mengalami Diastasis Rekti?

Diastasis rekti (DR) paling sering terjadi pada wanita yang sedang hamil atau yang baru-baru ini memiliki bayi. Ini karena peregangan besar yang terjadi pada otot perut selama kehamilan. Ketika perut tumbuh, linea alba dapat menjadi lebih melar, menyebabkan otot-otot perut terpisah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antara 35-62% wanita mengalami diastasis rekti setelah melahirkan. Beberapa wanita cukup beruntung karena pemisahan abdomen memperbaiki dirinya sendiri segera setelah lahir.

Bagi banyak orang lain, DR adalah sesuatu yang perlu mereka lakukan untuk mengoreksi diri mereka sendiri, melalui hal-hal seperti olahraga dan terapi fisik.

Meskipun DR paling sering dikaitkan dengan kehamilan, hal ini dapat terjadi pada siapa saja yang mengalami peregangan ekstrim dari linea alba. Bayi baru lahir telah didiagnosis dengan DR karena abdominus rektus terbelakang, dan laki-laki dapat memiliki abs terpisah karena kelebihan berat badan atau obesitas.

Apakah Saya Memiliki Diastasis Recti?

Sebelum Anda mempertimbangkan melakukan latihan apa pun, Anda perlu melakukan tes mandiri cepat ini untuk mengidentifikasi apakah Anda menderita diastasis rekti atau tidak:

Caranya,

1. Berbaring di lantai seolah-olah Anda sedang tidur. Jaga kaki Anda tetap rata dan tekuk lutut ke atas.
2. Dengan telapak tangan menghadap ke arah Anda, letakkan jari Anda di atas pusar Anda. Tekan ke bawah dengan jari-jari Anda dan pada saat yang sama angkat kepala Anda dari lantai sedikit, seolah-olah Anda sedang melakukan crunches.
3. Jika Anda bisa merasakan celah atau gap dibagian tengah perut Anda memiliki diastasis. (Ingat, penting untuk melakukan tes tepat di bawah dan tepat di atas pusar karena pengukuran celah mungkin berbeda di area yang berbeda).

Gerakan apa saja yang perlu dihindari?

Latihan yang harus Anda hindari meliputi hal-hal berikut: crunches, sit-up,latihan perut dengan mesin, double leg raise , jack knives dan olahraga modifikasi dari ketiga latihan yang saya sebutkan.

Latihan tersebut  dapat meregangkan otot perut dan membuat kondisi menjadi lebih buruk. Kegiatan-kegiatan ini dapat meningkatkan ketegangan otot perut bagian atas yang akan menyebabkan mereka terpisah daripada sembuh. Anda harus menghindari latihan perut atau inti yang intens. Anda harus mulai dengan latihan kontraksi perut tingkat rendah dan menghindari apa pun yang menempatkan terlalu banyak tekanan pada dinding perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *